Penipu Mencari Model Bugil

Penipu Mencari Model Bugil
Penipu Mencari Model Bugil

jpnn.com - SURABAYA - Penipuan semakin merajalela dengan beragam modus. Yang terbaru adalah kasus penipuan yang bermodus pencarian model bugil untuk kapal pesiar Star Cruise. Penipu mengaku sebagai agen model, Models 1 cabang Indonesia, dan menjanjikan imbalan menarik.

Kasus itu dilaporkan ke Polda Jatim oleh Edwin Saputra. Edwin adalah penerima kuasa dari Direktur Manajer John Horner, agen model Models 1 yang berkantor di London. Kuasa itu diterima untuk mencari pelaku yang mencatut agen model ternama tersebut dan melaporkannya ke polisi.

Models 1 dicatut sebagai penyelenggara event itu sekaligus pihak yang mengundang. Dalam surat elektronik yang disebar, pengirim bernama Anthony yang mengklaim sebagai CEO Models 1 Indonesia. "'Padahal, Models 1 hanya berkantor di London dan tidak punya kerjasama dengan lembaga apa pun di Indonesia," kata Edwin.

Karena itulah, Models 1 memberikan kuasa kepada Edwin untuk mengurusnya. Dia menjelaskan, kasus penipuan itu terungkap ketika dirinya menerima pesan singkat melalui BlackBerry Messenger (BBM) yang berisi pengumuman pencarian model untuk event di kapal pesiar Star Cruise. Dalam judul pengumuman yang disebar, pelaku dengan jelas menyatakan mencari model bugil.

Di sisi paling atas bagian pengumuman, penipu langsung menyodorkan iming-iming berupa bayaran Rp 210 juta untuk dua hari kerja. "Katanya, bayaran itu akan diberikan tunai," ungkap pria yang juga dokter gigi tersebut.

Tidak hanya itu, pelaku juga meyakinkan bahwa lowongan tersebut bukan penipuan, bukan plus-plus, dan kontraknya jelas. Bahkan, ada jaminan bayaran diterima 50 persen saat teken kontrak. Untuk lebih meyakinkan, pelaku juga memasukkan tautan website Models 1 di www.models1.co.uk. Jika dibuka, memang itu adalah tautan ke website resmi Models 1 yang bermarkas di London.

Agar ada peminat, pemasang pengumuman juga menyebutkan bahwa fotografer yang akan memotret model di kapal pesiar itu adalah perempuan. Mereka berasal dari luar negeri.

Sebagai persyaratan, calon model harus berani, seksi, dan berdada montok. Mereka diharuskan mengikuti setiap sesi dan wajib hadir dalam acara setelah menerima uang muka. Syarat yang penting, calon model wajib mengirimkan foto sebanyak-banyaknya untuk tahap audisi awal.

SURABAYA - Penipuan semakin merajalela dengan beragam modus. Yang terbaru adalah kasus penipuan yang bermodus pencarian model bugil untuk kapal pesiar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News