Penjelasan Hasto soal Megawati Peringati Hari Lahir Pancasila di Ende

Penjelasan Hasto soal Megawati Peringati Hari Lahir Pancasila di Ende
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri di Rumah Pengasingan Bung Karno, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (31/5). Dokumentasi DPP PDIP

jpnn.com, ENDE - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni dengan mengikuti upacara di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BPIP di sisi lain membuat acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Megawati memperingati Hari Lahir Pancasila di lokasi yang mencerminkan api perjuangan dari Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

"Ya, Ibu Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah dari BPIP, ada peringatan lahirnya Pancasila di tempat yang mencerminkan api perjuangan dari Bung Karno di dalam menghadapi tantangan yang tidak mudah," kata dia menjawab awak media di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6).

Menurut Hasto, Megawati juga memiliki agenda internal sebagai Ketum PDI Perjuangan sehingga memilih melaksanakan upacara di Ende.

"Kedua juga agenda internal dari PDI Perjuangan mengingat di sini kantor DPC PDI Perjuangan sudah berdiri dengan megah," kata dia.

Hasto memahami BPIP membuat acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau dan menyambut positif rencana kegiatan tersebut.

Dia menganggap pemilihan Dumai menandakan BPIP ingin menggelorakan semangat kedaulatan di bidang energi seperti tertuang dalam Pancasila.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto beri penjelasan begini soal Megawati Soekarnoputri peringati Hari Lahir Pancasila di Ende, Sabtu (1/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News