Pentingnya Mengenal Kelainan Bawaan pada Anak, Simak

Pentingnya Mengenal Kelainan Bawaan pada Anak, Simak
Pehimpunan Bedah Anak Indonesia (Perbani) menggelar seminar bertema "Mengenal Kelainan Bawaan pada Anak" secara serentak pada Minggu (6/10). Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Bulan Bedah Anak Nasional, Pehimpunan Bedah Anak Indonesia (Perbani) menggelar seminar bertema "Mengenal Kelainan Bawaan pada Anak" secara serentak pada Minggu (6/10).

Acara yang digelar di 38 titik di seluruh Indonesia itu digelar sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang kelainan bawaan pada anak, yang sering kali membutuhkan penanganan medis khusus.

Dengan penyelenggaraan di 38 lokasi secara serentak, seminar tersebut menjadi salah satu acara kesehatan anak terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.

Kelainan bawaan pada anak termasuk salah satu masalah kesehatan yang memerlukan perhatian serius, baik yang bersifat ringan maupun berat.

Tidak sedikit kelainan ini memengaruhi perkembangan fisik maupun kognitif anak, jika tak segera ditangani.

Ketua Pelaksana Harian Bulan Bedah Anak Nasional sekaligus Wakil Ketua Umum-1 Perbani, dr. Leecarlo Millano menyebut masih banyak orang tua yang kurang memahami kondisi kelainan bawaan pada anak dan bagaimana penanganannya.

Menurut Dokter Leecarlo, peran vital deteksi dini dan pengobatan yang tepat sangat penting, untuk mengurangi risiko komplikasi serta meningkatkan kualitas hidup.

"Ini bukan hanya soal kesehatan fisik, tetapi juga tentang masa depan anak-anak kita. Kami ingin memastikan bahwa setiap anak yang lahir dengan kelainan bawaan memiliki kesempatan untuk tumbuh sehat dan mencapai potensi penuh mereka," kata Dokter Leecarlo di Jakarta, baru-baru ini.

Masih banyak orang tua yang kurang memahami kondisi kelainan bawaan pada anak dan bagaimana penanganannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News