Penumpang Lion Air Terbanyak

Penumpang Lion Air Terbanyak
Penumpang Lion Air Terbanyak
JAKARTA - Maskapai penerbangan Lion Air ditetapkan sebagai maskapai nasional dengan jumlah penumpang angkutan udara dalam negeri terbanyak sepanjang tahun 2008. Jumlah penumpang rute domstik Lion Air sebanyak 9,147 juta orang, mengalahkan Garuda Indonesia.

    

"Lion Air memang yang terbesar dari sisi jumlah penumpang (domestik) yang diangkut (sepanjang tahun 2008). Baru setelah itu, Garuda 7,6 juta penumpang, lalu Batavia 4,7 juta penumpang," ujar Direktur Angkutan Udara, Departemen Perhubungan, Tri Sunoko saat dihubungi kemarin. Berdasar data Dephub, sepanjang tahun 2008 Lion Air mengangkut 9,147 juta orang penumpang.

    

Namun begitu, Tri menggarisbawahi bahwa peringkat pertama sebagai maskapai yang mengangkut penumpang domsetik terbanyak bukan berarti Lion Air merupakan maskapai dengan pendapatan terbanyak sepanjang 2008, ataupun menjadi maskapai dengan pelayanan terbaik. "Itu sangat tergantung dari banyak hal, misalnya harga tiket yang dijual dan sebagainya," ungkapnya.

    

Khusus untuk tingkat pelayanan, lanjut Tri, sejauh ini masih tergantung dari persepsi konsumen dan pelanggannya masing-masing. Itu karena pemerintah belum melakukan pemeringkatan maskapai berdasar tingkat layananannya. Yang ada sekarang pemeringkatan berdasar pemenuhan standar kemananan dan keselamatan. "Pemerintah akan mengkaji kemungkinan melakukan pemeringkatan berdasarkan pelayanan di pertengahan tahun ini," lanjutnya.

    

JAKARTA - Maskapai penerbangan Lion Air ditetapkan sebagai maskapai nasional dengan jumlah penumpang angkutan udara dalam negeri terbanyak sepanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News