Penyerapan Belanja Masih Rendah

Penyerapan Belanja Masih Rendah
Penyerapan Belanja Masih Rendah

jpnn.com - JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada semester pertama tahun ini tercatat baru menggunakan 18 persen atau Rp 1,1 triliun dari total anggaran belanja modal (capital expenditure/Capex) sebesar Rp 5,95 triliun.

Masih rendahnya penyerapan belanja modal ini karena program efisiensi perusahaan yang berfokus pada key initiatives serta realisasi di proyek perluasan pabrik feronikel Pomalaa (P3FP) dan proyek feronikel Halmahera Timur yang masih berfokus pada pekerjaan awal.

"Realisasi capex perusahaan di semester I/2013 merefleksikan fase perusahaan yang tengah bertumbuh," kata Direktur Utama Antam Tato Miraza di Jakarta, Jumat (26/7).

Dia menegaskan bahwa perusahaan berkomitmen untuk tetap bertumbuh dengan tetap memperhatikan prinsip prudent dalam merealisasikan proyek-proyek pengembangan yang bersifat hilir. Selain itu, melakukan kegiatan eksplorasi untuk meningkatkan nilai pemegang saham di tengah kondisi harga komoditas yang kurang baik saat ini.

Sedangkan dari belanja modal semester I-2013 itu, sekitar 76 persen dibelanjakan untuk investasi pengembangan, 16 persen untuk investasi rutin, dan sisanya untuk biaya ditangguhkan terutama terkait dengan kegiatan eksplorasi.

Capex terbesar dalam 6 bulan pertama tahun ini berasal dari investasi pengembangan untuk proyek P3FP sebesar Rp 322 miliar dan proyek feronikel Halmahera Timur Rp 200 miliar. Untuk capex rutin, belanja modal terbesar digunakan di unit bisnis pertambangan (UBP) emas sebesar Rp 105 miliar, unit bisnis pengolahan dan pemurnian (UBPP) logam mulia sebesar Rp 24 miliar, dan UBP nikel Sulawesi Tenggara sebesar Rp 17 miliar. (lum)


JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada semester pertama tahun ini tercatat baru menggunakan 18 persen atau Rp 1,1 triliun dari total anggaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News