Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Mewaspadai Cuaca Ekstrem

Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Mewaspadai Cuaca Ekstrem
Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Siswanto. Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem.

Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Siswanto mengatakan bahwa saat ini Sumsel masuk peralihan musim dari kemarau menuju hujan atau pancaroba.

"Siang hari cuaca panas cukup terik, menjelang sore terjadi hujan dengan intensitas sedang atau lebat disertai angin kencang, kilat atau petir," kata Siswanto saat ditemui, Rabu (2/10).

Dia menambahkan angin kencang, kilat atau petir tersebut berpotensi terjadi puting beliung, bahkan hujan es yang umumnya ini hanya ada di daerah pegunungan.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk bersiap menghadapi musim penghujan dengan melakukan gotong royong dan pembersihan sanitasi maupun lingkungan.

"Sehingga ketika berada di musim penghujan nanti tidak terjadi banjir maupun genangan air," imbau Siswanto.

Dia menambahkan untuk masyarakat yang melaksanakan aktifitas di wilayah perkotaan agar memangkas pohon yang sudah rindang sehingga tidak terjadi bencana. (mcr35/jpnn) 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sumatera Selatan mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem saat peralihan musim.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News