Perangi Kekerasan Seksual Pada Anak, Polda NTB Sabet Penghargaan Menteri PPPA

Perangi Kekerasan Seksual Pada Anak, Polda NTB Sabet Penghargaan Menteri PPPA
Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Foto: Bid Humas Polda NTB

jpnn.com, BIMA - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Penghargaan ini diberikan kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda NTB atas komitmennya dalam mengungkap kasus kekerasan seksual dengan korban anak.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PPPA kepada Direktur Reskrimum Polda NTB Kombes Hari Brata dan Kepala Subdit IV AKBP Ni Made Pujewati pada Jumat (17/4).

Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi kinerja Polda NTB dalam pengungkapan kasus kekerasan seksual dengan korban anak. Termasuk keberhasilan NTB dalam menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Pencegahan Perkawinan Anak.

“Banyak praktik baik tentang perlindungan anak dan perberdayaan perempuan yang telah dilakukan di kabupaten atau kota se-NTB. Ini satu langkah yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Menurut I Gusti Ayu, upaya yang dilakukan Polda NTB dan pemerintah daerahnya bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi provinsi lain. Di mana dengan adanya perda tersebut, akan semakin menguatkan posisi tawar Polda NTB, dalam peningkatan pengungkapan kasus-kasus kekerasan seksual, yang melibatkan anak-anak sebagai korban.

“Perda yang telah disahkan di NTB tidak hanya semata sebagai dasar hukum di daerah, tetapi harus mampu diimplementasikan secara nyata di tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga kasus kekerasan seksual dengan korban anak bisa ditekan, pun dalam hal perkawinan anak benar-benar dapat diturunkan,” jelasnya.

Kombes Hari mengatakan, penghargaan ini sebenarnya hasil kerja semua jajarannya di Ditreskrimum.

"Semoga dengan penghargaan ini, etos kerja teman-teman yang selama ini semakin termotivasi, terutama dalam mengungkap kasus kekerasan seksual dengan korban anak, juga kaitannya dengan perlindungan terhadap perempuan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kasus-kasus kekerasan seksual dengan korban anak-anak dan perlindungan terhadap perempuan, menjadi atensi tersendiri Polda NTB.

“Kami sudah bertekad bahwa di NTB zero toleran terhadap kekerasan seksual pada anak,” tandasnya.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah juga  mengapresiasi penghargaan yang diberikan Menteri PPPA RI. Menurutnya, semua yang telah dilakukan akan memberikan kepastian hukum dan perlindungan terhadap anak dan perempuan di NTB.

“Kami senang pusat memberikan apresiasi, setidaknya terus memotivasi kami untuk lebih baik lagi,” ucapnya. (tan/jpnn)

Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Polda NTB diharapkan lebih aktif lagi memerangi kekerasan seksual anak.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News