Perangi Pembrontak, India Gratiskan HP untuk Rakyat

Perangi Pembrontak, India Gratiskan HP untuk Rakyat
Perangi Pembrontak, India Gratiskan HP untuk Rakyat
RANCHI - Jika di tanah air ada program bagi-bagi beras untuk rakyat miskin, pemerintah Negara Bagian Jharkhand, timur India, lebih memilih bagi-bagi telepon selular. Bukan untuk memfasilitasi agar warganya jadi doyan ngobrol, namun sebagai upaya menjadikan mereka sebagai informan.

Ya. Untuk menumpas kelompok separatis Maois, pemerintah memang tak bisa hanya mengandalkan tenaga aparat keamanan yang terbatas. Mereka perlu membangun jaringan kerjasama dengan masyarakat setempat. Caranya, pemerintah membagikan HP gratis pada warga di sejumlah desa terpencil agar sewaktu-waktu jika mengetahui aktivitas Maois bisa langsung menghubungi aparat keamanan setempat.

''Gagasan itu untuk memperkuat jaringan kami di wilayah-wilayah pelosok. Respons warga cukup bagus,'' kata Sudhir Kumar, kepala polisi distrik negara bagian East Singhbhum kepada Reuters kemarin (3/2).

Ponsel gratis itu diberikan ke masing-masing kepala keluarga di 220 desa di Jharkhand. Dalam HP tersebut sudah tersedia daftar nomor kontak polisi untuk dihubungi bila melihat atau mendengar pergerakan kelompok Maois. Warga yang mendapat santunan HP mengaku keberadaan teknologi telepon nirkabel tersebut sangat membantu melawan pemberontak. ''Suatu malam kami melihat beberapa pemberontak Maois sedang berkeliling di desa. Kami langsung angkat telepon untuk memberi informasi,'' kata Antu Hembrom, seorang kepala desa. (ape/ami)

RANCHI - Jika di tanah air ada program bagi-bagi beras untuk rakyat miskin, pemerintah Negara Bagian Jharkhand, timur India, lebih memilih bagi-bagi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News