Peringatan Dini BMKG soal Potensi Cuaca Ekstrem, Tolong Waspada!

Peringatan Dini BMKG soal Potensi Cuaca Ekstrem, Tolong Waspada!
Cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi pada malam Tahun Baru. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di sejumlah daerah mewaspadai potensi cuaca esktrem hingga bencana banjir.

Berdasarkan prakiraan BMKG, potensi cuaca ekstrem tersebut dapat terjadi dalam beberapa ke depan.

"Untuk tujuh hari ke depan kondisi cuaca sangat dipengaruhi dinamika atmosfer baik yang bersifat lokal, regional maupun global," kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Sabtu (23/1).

Dia memaparkan untuk hujan ekstrem berpotensi terjadi tiga hari ke depan, yakni 23-26 Januari 2021 di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Hujan ekstrem sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor yang dapat membahayakan bagi publik.

Selain itu juga potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.

"Beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan ekstrem dalam dua hari berturut-turut dimohon untuk meningkatkan kewaspadaan seperti NTB pada 24-25 Januari dan Jawa Timur pada 25-26 Januari," ungkap Guswanto.

Sementara untuk tiga hari ke depan perlu diwaspadai potensi terjadinya hujan lebat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung.

BMKG membeberkan sejumlah provinsi yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem hingga menyebabkan banjir dan banjir bandang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News