Persiapan UPP PON Sudah 85 Persen

Teknisi Lampu dari Luar Negeri

Persiapan UPP PON Sudah 85 Persen
Sejumlah penari yang akan mengisi acara pembukaan PON XVII, berlatih di Stadion Utama Palaran Samarinda. Foto: Sukrie/Kaltim Post.
SAMARINDA – Menjelang pembukaan PON XVII pada 5 Juli mendatang, aktivitas di Stadion Utama Kaltim, Palaran, Samarinda semakin padat. Di tengah kesibukan Event Organizer (EO) Upacara Pembukaan dan Penutupan (UPP) PON menata ruang stadion, Dewan Kesenian Kaltim juga sibuk melatih ribuan penari untuk memeriahkan pembukaan dan penutupan event olahraga akbar tersebut.

Direktur PT Barata Nusa Pratama (BNP) Sony Subrata mengisyaratkan, pihaknya selaku pemenang tender EO dikejar waktu untuk menuntaskan persiapan penyelenggaraan UPP secepatnya. Dia optimistis akan rampung sebelum pembukaan.

Sampai kemarin, persiapan EO sudah mencapai sekitar 85 persen. Apalagi, setidaknya mereka masih punya waktu efektif sampai 4 Juli.

“Sound system sudah dites dan siap pakai, genset sudah dites dan stok bahan bakar siap, lampu akan dites malam ini. Besok (hari ini, Red.) sekira pukul 11.00 Wita geladi kotor sampai malam,” kata Sony.

Ia menegaskan, LED (light-emitting diode) dari Singapura direncanakan tiba di Balikpapan, malam tadi dengan pesawat Antonov 12, pesawat raksasa untuk kargo. Kemudian, teknisinya dari luar negeri juga datang 2 hari lalu di Stadion Utama Kaltim. “UPP PON berjalan baik, walaupun waktunya mepet,” jelasnya.

SERIBU PENARI

Sementara itu, sedikitnya 1.000 penari kembali berkumpul, kemarin sore di Stadion Utama dalam rangka persiapan gladi kotor hari ini. Tarian kolosal bertajuk “Pola Daya” yang dikemas Dewan Kesenian Kaltim itu digembleng sejak 2 bulan lalu. Tarian kolosal itu terdiri dari tari jugit paman, tari rudat hadrah, tari jepen, tari enggang, tari perang/kancet pepatay, tari hudoq, tari belian sentiyu, tari behempas, pencak silat seni dan teater.

SAMARINDA – Menjelang pembukaan PON XVII pada 5 Juli mendatang, aktivitas di Stadion Utama Kaltim, Palaran, Samarinda semakin padat. Di tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News