Pertama Kali Kompleks Istana Negara Kebakaran

Istana Keukeuh Sistem Pengamanan Bagus

Pertama Kali Kompleks Istana Negara Kebakaran
Sejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api yang membakar Gedung Utama Sekretariat Negara, di Jakarta, Kamis (21/3). Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Foto : Ade Sinuhaji / JPNN
JAKARTA--Ini pertama kalinya dalam sejarah Gedung Sekretariat Negara yang berdekatan dengan kompleks Istana Negara mengalami kebakaran. Peristiwa ini terjadi pada Kamis sore (21/3), ketika suasana kompleks Setneg dan Istana tengah lengang. Saat itu ada kegiatan rapat kabinet terbatas yang dilaksanakan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama sejumlah menteri bidang perekonomian.

Dugaan sementara, kebakaran ini terjadi karena korslet listrik di ruang sidang lantai III Gedung Setneg yang biasa dipakai Presiden untuk menggelar sidang. Saat itu ruangan yang terbakar tersebut kosong. Tak ada sidang.

Meski tak pernah ada kebakaran sebelumnya, pihak Setneg keukeuh menyebut bahwa tidak masalah dengan pengamanan dan sistem di gedung tersebut. "Memang kalau dilihat dari ruang sidang banyak bahan yang mudah terbakar. Tapi sebelum mobil damkar DKI datang kan sudah diupayakan semuanya. Makanya tidak merambat sampai ke tempat lain dan lantai II. Semuanya berfungsi keamanan. Tapi dengan cepatnya api karena banyak bahan yang mudah terbakar. Setelah itu baru damkar DKI datang," ujar Menurut Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Lambok V. Nahattands di Kompleks Setneg.

Ia pun menampik adanya pipa hidran kompleks Setneg yang berkarat dan sempat susah digunakan oleh petugas Damkar DKI Jakarta. Menurutnya, semua sistem keamanan selalu diperiksa secara berkala.

JAKARTA--Ini pertama kalinya dalam sejarah Gedung Sekretariat Negara yang berdekatan dengan kompleks Istana Negara mengalami kebakaran. Peristiwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News