Pertamina dan Airbus Sepakat Jajaki Kerja Sama Pengembangan SAF di Indonesia

Pertamina dan Airbus Sepakat Jajaki Kerja Sama Pengembangan SAF di Indonesia
Penandatanganan MoU Pertamina dengan Airbus terkait pengembangan SAF di Indonesia. Penandatanganan diwakilkan Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha Pertamina Salyadi Saputra dan Presiden Airbus Asia Pasifik Anand Stanley serta turut disaksikan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, BALI - PT Pertamina (Persero) dan Airbus menjajaki peluang pengembangan ekosistem bahan bakar penerbangan berkelanjutan atau Sustainable Aviation Fuel (SAF) di Indonesia.

Kerja sama antara Pertamina dan Airbus tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU yang dilaksanakan di acara Bali International Air Show 2024 di Ngurah Rai International Airport, Bali pada Rabu (18/09).

Penandatanganan diwakili Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha Pertamina Salyadi Saputra dan Presiden Airbus Asia Pasifik Anand Stanley.

Kesepakatan ini merupakan fondasi dari kolaborasi Pertamina dan Airbus untuk mempelajari berbagai bahan baku dalam negeri untuk mendorong perkembangan SAF di Indonesia.

Kedua pihak akan memetakan bahan baku yang ada di kawasan ini dan memeriksa kebutuhan logistik serta peluang pengembangan komersialnya.

Hasil studi ini akan mendukung pengembangan dan produksi SAF dalam negeri sesuai dengan syarat-syarat ICAO-CORSIA dan EU RED2.

Pertamina berkomitmen dengan pengembangan energi ramah lingkungan untuk mendukung Peta Jalan Nasional Pengembangan SAF yang disusun Pemerintah Indonesia.

Pertamina dan Airbus akan berkontribusi pada pengembangan kemampuan di dalam negeri dan berbagi pengetahuan di bidang infrastruktur dan proses pencampuran SAF, penanganan sertifikasi SAF, dan hal teknis lainnya di bandara.

Pertamina dan Airbus menjajaki peluang pengembangan ekosistem bahan bakar penerbangan berkelanjutan atau Sustainable Aviation Fuel (SAF) di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News