Pertamina International Shipping Pimpin Digitalisasi Industri Perkapalan ASEAN

Pertamina International Shipping Pimpin Digitalisasi Industri Perkapalan ASEAN
Kapal milik PT Pertamina International Shipping (PIS). Foto dok PIS

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) sukses dalam mengembangkan sistem modul klaim dalam operasional kapal.

Sistem modul klaim kapal yang dikembangkan oleh tim digital PIS teruji bisa membuat operasional kapal lebih transparan, sehingga elemen biaya operasional bisa lebih terpantau.

Keunggulan sistem klaim ini ini membuat PIS menetapkan posisinya sebagai pemimpin dalam digitalisasi industri perkapalan di Asia Tenggara dengan mengembangkan produk digital yang kompleks secara internal, khususnya modul klaim.

Kesuksesan model klaim digital ini, bahkan diakui oleh Veson Nautical LLC, yang merupakaan perusahaan perangkat lunak maritim terkemuka dari Amerika Serikat, yang kini tertarik untuk berkolaborasi bersama PIS.

PIS bahkan resmi menerima Letter of Intent (LOI) dari Veson Nautical LLC. Dalam LOI yang disampaikan, Veson menyatakan ketertarikan untuk bekerja sama dengan PIS dalam pengembangan modul klaim yang sebelumnya telah digagas oleh PIS.

Penyerahan LOI ini menandai langkah penting dalam kolaborasi antara kedua perusahaan untuk mengembangkan modul klaim dalam sistem IMOS milik Veson, yang banyak digunakan oleh pelaku industri perkapalan dunia.

Kolaborasi dengan Veson diharapkan bisa meningkatkan kinerja operasional maritim Pertamina melalui platform dan solusi data canggih yang ditawarkan oleh Veson.

Pengembangan modul klaim ini dianggap penting karena dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemulihan biaya (cost recovery) bagi perusahaan.

PT Pertamina International Shipping (PIS) tampak telah meningkatkan kapabilitas digitalnya untuk mengelola kegiatan operasional kemaritiman yg semakin beragam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News