Pertamina Pasok Pelumas Kapal Pelni

Pertamina Pasok Pelumas Kapal Pelni
Pertamina Pasok Pelumas Kapal Pelni
JAKARTA--Perusahaan migas PT Pertamina terus meningkatkan kinerja bisnis di sektor pelumas. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatangan perjanjian kontrak pembelian dengan PT Pelayan Nasional Indonesia (Pelni). Dalam perjanjian tersebut, Pertamina bakal memasok pelumas bagi sepuluh armada Pelni dalam jangka waktu tiga tahun.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Hanung Budya mengatakan, kontrak tersebut hasil akuisisi konsumen yang melalui proses panjang. Pertamina sudah menawarkan kerja sama tersebut sejak 2000. "Sayangnya, sewaktu itu masih belum ada respon. Setelah ada mak comblang, pak Sahala (Menjabat salah satu deputi BUMN saat itu, Red) pada 2009, akhirnya prosesnya bisa maju hingga penandatangan," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (5/4).

Dalam perjanjian tersebut, pihaknya mengaku akan memasok 50 ribu-100 ribu liter untuk penggantian pelumas 10 kapal tersebut. Pasokan tersebut bernilai sekitar Rp 20 miliar. "Setelah itu, bakal ada topping up (penambahan oli untuk perawatan, Red) dengan total 30 ribu liter setiap bulan. Nilainya kalikan saja Rp 20 ribu. Sekita Rp 6 miliar," ungkapnya.

Sebagai gambaran, produksi pelumas pertamina telah mencapai 600 ribu KL (kilo liter) per tahun. Jumlah tersebut membuat Pertamina menjadi produsen pelumas tebesar di Indonesia. Sekaligus, market leader produk pelumas dengan 60 persen pasar domestic.

JAKARTA--Perusahaan migas PT Pertamina terus meningkatkan kinerja bisnis di sektor pelumas. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatangan perjanjian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News