Pertamina Perketat Kuota, Solar Langka

Pertamina Perketat Kuota, Solar Langka
Pertamina Perketat Kuota, Solar Langka
JAKARTA - Sejak Maret lalu, kelangkaan solar mulai melanda beberapa wilayah. Salah satu kelangkaan yang cukup parah terjadi di Jawa Tengah (Jateng). Vice President Komunikasi PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir mengatakan pihaknya sudah menerima laporan dari beberapa daerah terkait antrean panjang kendaraan yang ingin membeli solar bersubsidi.

      

"Sebenarnya ini bukan kelangkaan, karena stok solar Pertamina cukup banyak. Tapi jujur saja, ini karena kami mulai memperketat kuota penyaluran BBM bersubsidi, terutama solar. Akibatnya terlihat seperti kelangkaan," ujarnya kepada Jawa Pos tadi malam (7/4).

      

Dia mengakui, sejak Maret lalu Pertamina mulai waswas karena konsumsi solar terus menunjukkan tren peningkatan. Akibatnya, kuota yang sudah ditetapkan pun terlampaui. "Kalau kuota jebol, kami terpaksa memperketat distribusi sehingga tidak semua permintaan pasokan (dari SPBU) bisa kami penuhi," katanya.

      

Data Pertamina menunjukkan, pada periode Januari-Maret 2013 konsumsi premium mencapai 7,04 juta kiloliter (kl) atau 98,3 persen dari kuota. Sedangkan konsumsi solar sudah tembus 3,70 juta kl atau 105,2 persen dari kuota.

JAKARTA - Sejak Maret lalu, kelangkaan solar mulai melanda beberapa wilayah. Salah satu kelangkaan yang cukup parah terjadi di Jawa Tengah (Jateng).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News