Pertamina-PTPN X Kembangkan Biofuel

Pertamina-PTPN X Kembangkan Biofuel
Pertamina-PTPN X Kembangkan Biofuel
JAKARTA – Kebutuhan biofuel dalam negeri mencapai 1,2 juta kiloliter (kl) per tahun. Hanya saja, dalam empat tahun terakhir PT Pertamina (Persero) belum maksimal memenuhi kebutuhan tersebut. Rencananya dengan akan beroperasinya pabrik bioethanol milik PT Perkebunan Nusantara X (Persero) diharapkan akan menjadi titik awal bagi PT Pertamina untuk memenuhi tingginya kebutuhan biofuel.

 

Assistant Manager Biofuel Project Pertamina Dini Novayanti mengaku sangat tertarik bisa bekerjasama dengan PTPN X. Namun hingga kini PTPN X belum memberikan penawaran harga untuk setiap liter bioetanol yang mereka hasilkan.

 

“Saat ini kami baru menjajaki bentuk kerjasama terbaiknya, setidaknya sekarang kami sedang mengkaji skema kerjasama bisnis yang tepat. Dengan dua opsi yang digodok,yaitu off take agreement  atau joint development,” kata Dini di Jakarta, Senin (20/5).

 

Ia menjelaskan, kerjasama off take agreement adalah kerjasama dengan sistem beli-putus produk bioetanol. Sedang untuk joint development merupakan bentuk kerjasama untuk bersama-sama mengembangkan serta memproduksi bioetanol.

 

JAKARTA – Kebutuhan biofuel dalam negeri mencapai 1,2 juta kiloliter (kl) per tahun. Hanya saja, dalam empat tahun terakhir PT Pertamina (Persero)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News