Pertamina Resmikan Pengisian Dex Kemasan di Papua

Pertamina Resmikan Pengisian Dex Kemasan di Papua
Pertamina Resmikan Pengisian Dex Kemasan di Papua

jpnn.com - PAPUA - PT Pertamina (Persero) membangun sarana pengisian dalam kemasan produk bahan bakar minyak (BBM) diesel berkualitas terbaik di Indonesia di Terminal BBM Jayapura. Pembangunan pengisian kemasan diesel untuk meningkatkan penetrasi pasar Pertamina Dex di Papua.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan keberadaan sarana fasilitas pengisian produk Pertamina Dex kemasan tersebut merupakan program lanjutan dari launching produk Pertamina Dex curah pada 26 Juni 2013.

"Kehadiran sarana ini merupakan terobosan Pertamina dalam mempercepat penetrasi pasar bahan bakar mesin diesel non subsidi di Provinsi Papua, sehingga diharapkan mampu menjadi bahan bakar pilihan bagi masyarakat Papua," ujar Hanung dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10).

Pertamina juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan masyarakat Papua, sehingga sarana pengisian Pertamina Dex kemasan di Terminal BBM Jayapura dapat beroperasi dengan baik.

"Kami yakin dengan keberadaan sarana ini, pengguna produk diesel anak negeri dengan kualitas terbaik ini dapat terus meningkat seiring dengan pertumbuhan kendaraan mesin diesel modern di wilayah ini," papar Hanung.

Saat ini, kata Hanung, konsumsi Pertamina Dex di wilayah Papua mencapai sekitar 5 liter per bulan. Dalam 5 tahun ke depan, diperkirakan penjualan Pertamina Dex akan mampu mencapai 175 KL per bulan atau setara dengan 2 persen dari realisasi solar bersubsidi yang tahun ini kuotanya ditetapkan sebanyak 105.000 KL per tahun.

Sementara jumlah kendaraan roda empat berbahan bakar diesel di Propinsi Papua saat ini berjumlah sekitar 29 ribu unit dengan pertumbuhan sebesar 6 persen per tahun, sehingga menjadi target pasar Pertamina Dex yang potensial. Selain kendaraan milik masyarakat umum, Pertamina Dex juga menyasar konsumen dari kalangan perusahaan kontraktor alat berat di wilayah pegunungan.

“Dengan tersedianya Pertamina Dex dalam bentuk kemasan ini, maka akan mempermudah upaya penetrasi pasar ke wilayah Papua yang lain terutama wilayah pedalaman dan pegunungan tengah, seperti Kab. Jayawijaya, Kab. Pegunungan Bintang, Kab. Puncak Jaya, Kab. Sarmi, Kab. Keerom," terangnya.

PAPUA - PT Pertamina (Persero) membangun sarana pengisian dalam kemasan produk bahan bakar minyak (BBM) diesel berkualitas terbaik di Indonesia di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News