Pertamina Siap Ambil Alih Blok Cepu

Pertamina Siap Ambil Alih Blok Cepu
Dirut Pertamina, Karen Agustiawan
JAKARTA- PT Pertamina (Persero) menyatakan siap mengambil alih operator di Blok Cepu dari ExxonMobile. Hanya saja, perusahaan BUMN itu meminta dukungan dari DPR RI. Jika dukungan itu berhasil diperoleh, Pertamina meyakini biayanya operasional lebih murah dan produksinya bisa berlangsung lebih cepat.

"Blok Cepu akan mencapai produksi maksimal pada 2014. Seharusnya blok ini sudah berproduksi pada 2008, namun tertunda karena alasan teknis. Atas dasar itulah Pertamina mengajukan diri untuk menjadi operator agar produksinya lebih cepat dengan biaya murah," kata  Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Kamis (4/2).

Rencana Pertamina menjadi operator pengembangan gas di Cepu menurut Karen belum dibahas bersama dengan Exxon. "Belum ada pembahasan dengan Exxon, tapi paling tidak kita minta legitimasi DPR agar Pertamina jadi operator Blok Cepu. Karena jangan kita jadi tamu di wilayah kita sendiri," ujarnya.

Untuk diketahui Exxon menjanjikan akan memproduksi minyak mentah 20 ribu barel per hari pada 2008. Hanya saja rencana ini tertunda lagi karena terbentur masalah pembebasan lahan. Exxon kemudian mengubah target akan berproduksi pada Agustus 2009. Lagi-lagi rencana ini tertunda sehingga Komisi VII membentuk panja blok Cepu untuk mendalami masalah tersebut.

JAKARTA- PT Pertamina (Persero) menyatakan siap mengambil alih operator di Blok Cepu dari ExxonMobile. Hanya saja, perusahaan BUMN itu meminta dukungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News