Pertamina Tembus Daftar 500 Perusahaan Terbesar

Pertamina Tembus Daftar 500 Perusahaan Terbesar
Pertamina Tembus Daftar 500 Perusahaan Terbesar
JAKARTA--Upaya PT Pertamina untuk menjadi salah satu perusahaan berskala global akhirnya mendapatkan apresiasi. BUMN Migas tersebut ditasbihkan menjadi salah satu dari 500 perusahaan terbesar dalam daftar Fortune Global 500. Dengan prestasi tersebut, Pertamina menjadi perusahaan pertama dari Indonesia yang berhasil masuk ke daftar bergengsi yang dirilis tiap tahun oleh majalah Fortune.

Dalam daftar tersebut, Fortune juga menetapkan perusahaan migas lain yakni Royal Dutch Shell. Perusahaan tersebut bisa mempertahankan posisi puncak dalam daftar dengan pendapatan USD 481 miliar dan laba USD 26,6 miliar. Meski begitu, laba terbesar justru dicetak oleh raksasa migas lain, Exxon Mobil. Perusahaan yang peringkatnya digeser jaringan ritel Wall Mart Stores itu mencetak laba senilai USD 44,9 miliar.

Pertamina sendiri menempati ranking 122. Posisi tersebut diraih dengan pencapaian pendapatan 2012 senilai USD 70,9 miliar atau 5,4 persen lebih tinggi dari 2011. Sedangkan, laba pertamina naik 11,4 persen menjadi USD 2,8 miliar. Meski belum masuk ke daftar 100 besar, capaian tersebut cukup membanggakan. Pasalnya, belum ada perusahaan dari Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut sebelumnya.

Untuk wilayah ASEAN, Pertamina berada di urutan ketiga. Kedua perusahaan yang mengalahkan Pertamina adalah datang dari latar belakang yang sama : BUMN Migas. Di posisi kedua, ada PTT PLC Thailand yang meraih posisi 81. Sedangkan, posisi tertinggi dari perusahaan asal Asia Tenggara diraih oleh Pertonas dari Malaysia yang berada di rangking 75.

JAKARTA--Upaya PT Pertamina untuk menjadi salah satu perusahaan berskala global akhirnya mendapatkan apresiasi. BUMN Migas tersebut ditasbihkan menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News