Pertanian, Sektor Utama Penyerap Pengangguran

Pertanian, Sektor Utama Penyerap Pengangguran
Pertanian, Sektor Utama Penyerap Pengangguran
JAKARTA- Pertanian, masih menjadi sektor utama penyerap pengangguran di Indonesia. Namun beberapa kalangan menilai, sektor pertanian saat ini tidak mengalami regenerasi dan dijalankan sebagian besar oleh petani yang tidak mendapatkan pelatihan. Kondisi ini dinilai bisa mempengaruhi hasil produksi pertanian dan tingkat kesejahteraan petani sendiri.

"Dari sektor pertanian padi saja, telah mampu menghidupi sekitar 22 juta KK di Indonesia. Berdasarkan angka di BPS, 42 persen dari total angkatan kerja di Indonesia hidup dari sektor pertanian ini. Kalau dihitung dari sektor hulu hingga hilir pertanian, tenaga kerja dibidang ini bisa diatas 60 persen dari angkatan kerja di Indonesia," jelas Dr Iskandar Adi Nuhung, Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Teknologi.

Selain mampu menjadi sektor utama penyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia, Adi Nuhung memaparkan bukti hasil sektor pertanian bagi perekonomian di Indonesia. Terutama setelah berhasil selamat dari krisis yang mengancam di tahun 2008 lalu.

"Yang paling menggembirakan adalah kita mampu menjaga stabilitas pangan. Surplus nilai perdagangan kita pada tahun 2009 mencapai US$ 18 miliar, ini merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah Indonesia. Artinya ada peningkatan ekspor yang mengindikasikan terjadi nilai tambah. Kesejahteraan petani berarti meningkat. Bukti lainnya angka kemiskinan terus mengalami penurunan," jelas Adi Nuhung.

JAKARTA- Pertanian, masih menjadi sektor utama penyerap pengangguran di Indonesia. Namun beberapa kalangan menilai, sektor pertanian saat ini tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News