Pertumbuhan Ekonomi Terancam Melambat

Pertumbuhan Ekonomi Terancam Melambat
Pertumbuhan Ekonomi Terancam Melambat
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi tahun ini terancam tidak mencapai target yang diproyeksikan sebesar 6,5 persen di tahun ini. Membengkaknya belanja subsidi, menyebabkan anggaran yang seharusnya digunakan untuk menstimulasi ekonomi tidak bisa terealisasi.

Menkeu Agus Martowardojo mengatakan untuk menjaga likuiditas anggaran, pemerintah terpaksa menahan sejumlah anggaran yang tidak prioritas. "Itu tampaknya bisa (berakibat) kepada sedikit catatan kepada pertumbuhan ekonomi," kata Agus di kantornya kemarin (03/04).

Agus mengatakan, dengan penundaan kenaikan harga BBM, pemerintah harus tetap berjaga-jaga. Agar pertumbuhan ekonomi tidak terganggu, pemerintah harus memastikan realisasi anggaran bisa lebih cepat sehingga bisa membantu merangsang perertumbuhan ekonomi.

Menkeu menambahkan, pemerintah harus memastikan kesehatan fiskal tetap terjaga. Dengan fiskal yang sehat dan makroekonomi terjaga, investasi diharapkan tetap mengalir. Sehingga di saat belanja pemerintah tidak bisa diandalkan, investasi, konsumsi masyarakat, serta ekspor bisa menopang pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi tahun ini terancam tidak mencapai target yang diproyeksikan sebesar 6,5 persen di tahun ini. Membengkaknya belanja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News