Pesan Ayahnya, Antonio Conte Harus Lebih Pemarah di Chelsea

Pesan Ayahnya, Antonio Conte Harus Lebih Pemarah di Chelsea
Antonio Conte (kanan). Foto: premierleague

jpnn.com, MANCHESTER - Tak seperti biasanya, pelatih Chelsea Antonio Conte lebih meledak-ledak di bangku cadangan tim saat meladeni Manchester United di Old Trafford, Minggu (25/2) malam.

Berbeda saat The Blues melawat ke Vicarage Road, kandang Watford, 6 Februari, Conte lebih banyak diam. Ketika itu Chelsea takluk 1-4. Namun di Old Trafford, Conte sepertinya sudah mengingat pesan ayahnya, Cosimino Conte. 

The Telegraph melansir, Conte Senior meminta anaknya agar kembali “marah” saat menemani Gary Cahill dkk. ''Dia melihat laga itu (kontra Watford) kemudian meneleponku, dan berkata: Saya tak melihatmu dalam kemarahan yang tepat, dengan gairah yang tepat juga,'' kata Conte, menirukan pesan ayahnya.

Conte mengakui, meledak-ledak di pinggir lapangan memang sudah jadi gayanya. Conte sudah melakukannya sejak di Juventus. Bahkan, tambah dia, istrinya Elisabetta Muscarello, dan putrinya Vittoria Conte sudah mengkhawatirkan gaya eksplosif Conte itu. Musim lalu tactician 48 tahun itu juga sempat mengkhawatirkan kondisi jantungnya.

"Karena itu, mereka (anak dan istrinya) juga khawatir kalau saya tidak aktif, rasanya ada yang kurang dari saya,'' ungkap runner-up anugerah pelatih terbaik dunia The Best FIFA musim lalu itu.

Meski demikian, dia menyadari usianya sudah tak lagi muda. Musim panas nanti dia di usia 49 tahun. Tentu, lanjut Conte, ada yang akan berubah dari gayanya di pinggir lapangan. ''Saat saya sudah mulai menua, tentu, saya akan coba dan tetap kalem dan lebih rileks saat menikmati laga, di mana pun itu,'' janjinya.

Conte selalu mengingat apa pesan ayahnya. Apalagi jiwa melatihnya juga warisan dari ayahnya. Cosimino? Siapa? Dia bukan pelatih sepopuler Conte. Cosimino hanya melatih klub usia muda Lecce. Conte pernah bersama setim dengan ayahnya ketika dia memulai karir profesional pada 1985. Cosimino tak pernah melatih tim senior. Tapi di tim junior Lecce namanya termasuk orang yang berpengaruh. (ren)


Istri dan anaknya akan heran jika melihat Antonio Conte tidak aktif, kalem di lapangan.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News