Pesawat TNI AL Mendarat Darurat

Mesin Mati Saat Latihan

Pesawat TNI AL Mendarat Darurat
DARURAT- Pesawat latih jenis Tobago TB 10 milik TNI Angkatan Laut mendarat darurat di kawasan Pantai Maron Semarang, Selasa (28/04). Foto: Radar Semarang
SEMARANG- Diduga karena mesin mati, sebuah pesawat latih jenis Tobago TB 10 milik TNI Angkatan Laut (AL) terpaksa mendarat darurat di kawasan Pantai Maron Semarang Selasa (28/4) sekitar pukul 10.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersbeut, pilot dan co pilot dikabarkan hanya mengalami luka ringan.

Pesawat nahas tersebut berisikan dua awak, yakni Pilot Letkol Laut (P) Imam Musani yang sekaligus sebagai instruktur dan Pasis Penerbang Lettu Laut (P) Ruby Mohtar. Keduanya berhasil keluar selamat dari pesawat yang juga hanya mengalami kerusakan kecil pada bodi bagian ekornya. Meski demikian, penjagaan di sekitar lokasi sangat ketat. Agar tidak ketahuan, tulisan jenis dan nomer pesawat dilumuri lumpur hitam. Penjaga pun tidak mengijinkan wartawan mendekat ke lokasi kejadian.

Saksi mata kejadian, M Sholeh (51), pekerja tambak, menceritakan sebelum mendarat darurat, pesawat sempat berputar-putar di udara selama beberapa menit. Selang beberapa saat, tiba-tiba "ia melihat pesawat kehilangan kendali dan menukik ke bawah. "Tidak ada suara ledakan, cuma jatuhnya keras. Saya dan beberapa teman lalu berlarian untuk melihat," ucapnya.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian, pesawat tersebut masih dinaungi dewi fortuna karena jatuh tepat di air di muara sungai Silandak, Tambakrejo, Semarang Barat. Jika di ukur, posisinya lebih kurang sekitar 600 meter dari run way Bandara Ahmad Yani Semarang. Saat itu, Instruktur Letkol (Laut) Imam S sedang memberikan pelatihan terhadap siswanya Lettu (Laut) Robby. Di tengah latihan, mesin pesawat tiba-tiba mati sehingga pesawat kehilangan kendali.

SEMARANG- Diduga karena mesin mati, sebuah pesawat latih jenis Tobago TB 10 milik TNI Angkatan Laut (AL) terpaksa mendarat darurat di kawasan Pantai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News