Petahana Berpotensi Terjungkal di Pilgub Kaltim Versi Survei TBRC

Petahana Berpotensi Terjungkal di Pilgub Kaltim Versi Survei TBRC
Ilustrasi - Warga setelah mencoblos pada pemilu. KPU Riau bersama KPU Rohul melakukan verifikasi faktual DPT Pemilu 2024 di 31 TPS yang akan menggelar PSU. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Direktur Eksekutif Timur Barat Research Center (TBRC) Johanes Morelo mengatakan pasangan Rudy Mas'ud -Seno Aji berpotensi menang untuk Pilgub Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini dia katakan setelah sebelumnya TBRC merilis hasil survei terkait tingkat elektabilitas petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi dan Rudy Mas'ud-Seno Aji.

"Hasilnya jika tak ada tsunami politik, seperti calon terjerat kasus besar yang diketahui mayoritas publik, kecurangan dan politik uang, pasangan Rudy Mas'ud -Seno Aji punya potensi kuat memenangkan pilkada Kaltim 2024," kata Johanes Romeo dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (3/10).

Johanes mengatakan Rudy Mas'ud -Seno Aji memiliki elektabilitas yang tinggi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur ketimbang pesaingnya.

Misalnya dalam simulasi pertanyaan terbuka kepada responden, terkait paslon gubernur dan wakil gubernur yang akan dipilih jika pilkada digelar hari ini.

Hasilnya, secara top of mind pasangan Rudy Mas'ud -Seno Aji unggul dengan dipilih sebanyak 52,8 persen, dan petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi dengan dipilih sebanyak 34,1 persen, serta yang tidak memilih 13,1 persen.

Begitu juga dalam pertanyaan tertutup, yakni responden untuk memilih dengan kuesioner.

Hasilnya terkait tingkat elektabilitas Rudy Mas'ud-Seno Aji unggul dengan dipilih sebanyak 59,6 persen.

Hasil survei TBRC menunjukkan petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi berpotensi terjungkal di Pilgub Kaltim 2024, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News