Pilgub Jateng: Elektabilitas Luthfi-Yasin di Grobogan 56,0%, Andika-Hendi?

Pilgub Jateng: Elektabilitas Luthfi-Yasin di Grobogan 56,0%, Andika-Hendi?
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jateng Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen saat mendaftar di KPU Jateng. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com - Indonesia Political Survey & Consulting (Indopol Survey) merilis hasil survei terbarunya terkait dinamika politik dan elektabilitas pasangan calon di Pilkada Jawa Tengah (Jateng), khususnya di Kabupaten Grobogan, Kamis (26/9/2024).

Dari survei lembaga itu terlihat jika Pilkada Jateng di Kabupaten Grobogan digelar saat survei dilakukan, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen (Luthfi-Yasin) memimpin dengan perolehan 56,0 %.

Sementara, rivalnya, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Andika-Hendi) memperoleh 33,67 %. Adapun yang belum menentukan pilihan sebesar 10.33 %.

Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto menyebut kondisi politik di Jateng masih dinamis, masih bisa berubah hingga hari H pencoblosan.

Beberapa hal yang menjadi faktor dinamisnya elektabilitas calon gubernur dan calon wakil gubernur Jateng di Grobogan, pertama, masih ada 10.33% pemilih yang belum menentukan sikap (undecide voter).

"Kedua, angka swing voter (yang masih bisa berubah) cukup besar yakni mencapai 56.5 persen," kata Ratno dikutip dari siaran pers.

Dia menjelaskan bahwa faktor pengubah swing voter ini karena alasan visi dan misi cagub dan cawagub lain lebih baik.

"Selain itu masyarakat menilai masih ada waktu cukup panjang untuk menentukan pilihan dalam pilkada nanti," ucapnya.

Indopol Survey mencatat elektabilitas Luthfi-Yasin menjelang Pilgub Jateng di Grobogan mencapai 56,0%, sedangkan Andika-Hendi...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News