Pimpinan MPR dan DPR Kritik Perilaku Pimpinan KPK

Perihal Pertemuan Dengan Orang Berkasus

Pimpinan MPR dan DPR Kritik Perilaku Pimpinan KPK
Pimpinan MPR dan DPR Kritik Perilaku Pimpinan KPK
JAKARTA - Terungkapnya pertemuan unsur pimpinan dan pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi dengan pihak berkasus merupakan preseden buruk. Ketua MPR RI Taufik Kiemas menilai perilaku itu sudah sangat jelas melanggar kode etik penegak hukum.

"Pimpinan KPK kode etiknya sesuai Undang Undang kan gak boleh bertemu (orang berkasus) secara pribadi, mereka harus clear," kata Kiemas di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (28/7).

Terungkapnya pertemuan unsur KPK itu berdasarkan pengakuan tersangka kasus wisma atlet M Nazaruddin. Mantan politisi Demokrat itu menyebut ada pertemuan dengan dirinya bersama pimpinan KPK Chandra M Hamzah dan Deputi Penindakan Ade Rahardja. Chandra membantah adanya pertemuan itu, sementara Ade justru mengakuinya.

Menurut Taufik, dengan status sebagai penegak hukum, bertemu dengan pihak berkasus tentu menjadi masalah. Terlepas dari substansi apa sebenarnya yang disampaikan, publik tentu memiliki pandangan negatif atas pertemuan itu. "Jadi gak boleh tebang pilih bertemu siapa. Kalau ketemu hanya di DPR," ujarnya.

JAKARTA - Terungkapnya pertemuan unsur pimpinan dan pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi dengan pihak berkasus merupakan preseden buruk. Ketua MPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News