Pimpinan MPR Ikuti Gladi Bersih Sidang Tahunan

Pimpinan MPR Ikuti Gladi Bersih Sidang Tahunan
Para pimpinan MPR ikuti gladi bersih sidang tahunan. Foto: dok. Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Jelang Sidang Tahunan MPR yang digelar pada 16 Agustus 2017 di Gedung Nusantara, pimpinan MPR yakni Ketua MPR Zulkifli Hasan dan para Wakil Ketua MPR E. E Mangindaan, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta mengikuti gladi bersih, hari ini.

Gladi bersih yang digelar pukul 16.30 WIB, 14 April 2017, di Gedung Nusantara itu, para pimpinan MPR dengan seksama mengikuti semua prosesi yang ada, yang diperagakan para pegawai Setjen MPR.

Dalam tiap tahap, pimpinan MPR memberi masukan dalam gladi bersih itu, misalnya Oesman Sapta mengharuskan menyebut nama Presiden Indonesia yang lengkap, Joko Widodo. “Jangan Jokowi ya,” ujarnya.

Pun demikian Zulkifli memberikan arahan-arahan kepada pejabat di lingkungan Setjen MPR tentang bagaimana pergerakan pimpinan lembaga-lembaga negara ketika masuk dan keluar dari gedung bulat itu.

Semua proses gladi bersih tersebut berjalan lancar dan khidmat sehingga suasana yang terjadi mirip sidang tahunan sesungguhanya.

Menurut Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono, gladi bersih merupakan persiapan dan kesiapan terakhir dari persiapan Sidang Tahunan MPR.

"Tadi kami sudah praktekan bersama-sama, secara protokoler dari kehadiran Presiden, Wakil Presiden, dan tamu lainnya," ujarnya. "Tadi kami juga melakukan simulasi sidang-sidang," tambahnya.

Simulasi sidang, menurut Ma'ruf, penting supaya nanti pimpinan MPR yang akan memimpin sidang tahunan sudah tahu posisi urutan tempat duduk hingga urutan acara.

Jelang Sidang Tahunan MPR yang digelar pada 16 Agustus 2017 di Gedung Nusantara, pimpinan MPR yakni Ketua MPR Zulkifli Hasan dan para Wakil Ketua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News