Pj Gubernur Jateng Pastikan Stok Pangan Selama Pilkada Hingga Nataru Aman

Pj Gubernur Jateng Pastikan Stok Pangan Selama Pilkada Hingga Nataru Aman
PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana memastikan ketersediaan pangan di wilayahnya menghadapi masa Pilkada sampai Nataru aman. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana menyatakan, ketersediaan pangan di wilayahnya menghadapi masa Pilkada sampai Natal dan Tahun Baru (Nataru) dipastikan aman.

"Alhamdulillah sampai saat ini ketersediaan pangan menghadapi Pilkada sampai Natal dan Tahun Baru kita sudah siap," kata Nana Sudjana usai menghadiri High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah di Hotel Tentrem, Kamis (26/9).

Akan tetapi, kata Nana, sebagai salah satu penumpu pangan nasional, maka pihaknya berupaya untuk meningkatkan (produksi pangan).

Oleh karenanya, dia meminta kepada seluruh kepala daerah dan instansi terkait di wilayahnya untuk tetap meningkatkan stok pangan selama beberapa bulan ke depan.

Nana menjelaskan, Pilkada dan Nataru menjadi salah satu perhatian tim pengendalian inflasi daerah (TPID). Mengingat pada momentum tersebut seringkali terjadi lonjakan permintaan kebutuhan bahan pangan.

Pemerintah Provinsi  Jateng terus berupaya melakukan peningkatan stok pangan, mengingat masih ada potensi areal lahan pertanian yang bisa ditanami pada musim kemarau ini. Sebagaimana data dari Kementerian Pertanian melalui citra satelit, potensi lahan pertanian di Jawa Tengah mencapai 130 ribu hektare.

"Makanya sekarang akan kita petakan lagi untuk sumber air dan juga masalah areal lahan yang bisa kita tanami," kata Nana Sudjana.

Nana menambahkan, harapan Kementerian Pertanian kepada Jawa Tengah untuk meningkatkan produktivitas padi sangat besar. Bahkan beberapa hari lalu Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Yudi Sastro bertemu langsung dengan Nana Sudjana untuk membahas luas tambah tanam (LTT) padi di Jawa Tengah.

PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana memastikan ketersediaan pangan di wilayahnya menghadapi masa Pilkada sampai Nataru aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News