PKB, PAN, Diprediksi Gabung Koalisi PDIP-NasDem

PKB, PAN, Diprediksi Gabung Koalisi PDIP-NasDem
PKB, PAN, Diprediksi Gabung Koalisi PDIP-NasDem

jpnn.com - JAKARTA - Meski belum diumumkan secara resmi karena masih menunggu hasil penghitungan resmi hasil pileg dari KPU, bisa dipastikan PDIP akan berkoalisi dengan Partai NasDem.

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif IndoBarometer, Mohammad Qodary memprediksi, koalisi PDIP-NasDem ini nantinya juga bakal mendapat sokongan dari PAN dan PKB.

"Sudah hampir pasti, PDIP juga akan berkoalisi denga dua partai Islam, PKB dan PAN. Jadi PDIP, NasDem, PKB, PAN," ujar Qodary dalam diskusi bertema Tiki-Taka Koalisi, di Cikini, Jakarta, Sabtu (12/4).

Menurut Qodary, PDIP memang membutuhkan PKB dan PAN. Ini lantaran kedua partai itu punya basis massa yang jelas.

"Di belakang PKB ada kaum nahdliyin, di belakang PAN ada Muhammadiyah. PDIP ingin melibatkan itu. Pertimbangan itu pasti kuat," ujar Qoday.

Namun menurutnya, koalisi PDIP, NasDem, PKB, dan PAN, baru setara dengan 42,5 persen kekuatan di parlemen. Dengan kata lain, belum aman karena belum mencapai angka di atas 50 persen.

"Kalau mau aman, bisa ajak juga Golkar atau Hanura," ujarnya. (sam/jpnn)

 


JAKARTA - Meski belum diumumkan secara resmi karena masih menunggu hasil penghitungan resmi hasil pileg dari KPU, bisa dipastikan PDIP akan berkoalisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News