PKS Diprediksi Down Karena Status Luthfi

PKS Diprediksi Down Karena Status Luthfi
PKS Diprediksi Down Karena Status Luthfi
JAKARTA - Penangkapan sekaligus penetapan status tersangka Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaq akan menjadi awal down grade partai berasas Islam tersebut. Bahkan, efek buruk dari penetapan itu dinilai lebih dahsyat pengaruhnya terhadap PKS dibanding Partai Demokrat dengan contoh kasus Anas Urbaningrum.

Demikian dikemukakan peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah, kemarin,  mengomentari  terseretnya tokoh  PKS itu dalam kasus korupsi impor daging. Menurut Toto, setidaknya ada dua alasan kenapa pengaruh status tersangka Luthfi Hasan Ishaq begitu besar terhadap PKS.

Pertama, PKS memiliki karakteristik pemilih atau konstituen ideologis yang lebih militan ketimbang partai lain. Militansi yang kental dengan aroma ketaatan terhadap agama (ibadah) sekaligus terhadap pemimpinnyalah yang justru akan merontokan partai dengan cepat pada saat pemimpin panutannya ternyata melenceng akibat tersandung kasus korupsi.

”Militansi berpartai di PKS hampir sama dengan militansi para santri di pesantren. Atau, kurang lebih sama dengan militansi jamaah pengajian. Begitu kiainya melakukan perbuatan tercela atau melanggar susila, santrinya cepat atau lambat meninggalkan pesantren itu. Ini sama dengan kejadian kasus kiai kondang Aa Gym yang tiba-tiba tenggelam ditinggal jamaahnya karena nikah lagi. Itu terjadi akibat sentimen massif ketidaksukaan ibu-ibu kepadanya,” ulas Toto yang juga direktur eksekutif Citra Komunikasi LSI ini.

JAKARTA - Penangkapan sekaligus penetapan status tersangka Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaq akan menjadi awal down grade

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News