PKS Sebut Sutarman Orang Bersih

PKS Sebut Sutarman Orang Bersih
PKS Sebut Sutarman Orang Bersih

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Komjen Pol (purn) Adang Darajatun menilai juniornya yang sedang menjalani fit and proper test calon Kapolri, Komjen Pol Sutarman merupakan sosok polisi bersih dan pantas memimpin Polri ke depan.

"Saya selaku senior dan pernah membawahi Pak Tarman, selama dalam kariernya cukup baik, dan tidak ada catatan-catatan (negatif) dan ini bisa dibuktikan kembali pada saat kita kemarin mengundang PPATK dan Kompolnas," kata Adang di ruang rapat Komisi III DPR RI, Jakarta, Kamis (17/10).

Politikus PKS itu menjelaskan ada dua aspek yang menjadi pertimbangan sebagai Kapolri, yakni aspek hukum dan nonhukum. Dari sisi hukum, Sutarman sudah matang dan non hukum dia sudah banyak mengecap asam garam di lapangan serta kerap menduduki jabatan strategis di tubuh Polri.

Meski demikian, Adang yang juga mantan Wakapolri itu sadar masih banyak pekerjaan rumah yang ditinggalkan Sutarman sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

"Adanya 25 kasus di Kabareskrim justru merupakan PR yang ingin kita tanyakan hari ini dan juga hal-hal yang berhubungan dengan instansi lain," paparnya.

Dia berpesan bila Sutarman menjadi Kapolri, maka dia harus mampu mensinergikan hubungan antar-lembaga hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, Badan Pemeriksaan Keuangan, Kejaksaan Agung, dan lainnya dalam mengungkap kasus pidana korupsi kelas kakap.

"Karena bagaimananpun juga Polri, KPK dan Kejaksaan adalah ujung tombak dalam mengatasi masalah korupsi," tandasnya. (Fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Komjen Pol (purn) Adang Darajatun menilai juniornya yang sedang menjalani fit and proper test calon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News