Planet Mars Diduga Memiliki Cadangan Air

Planet Mars Diduga Memiliki Cadangan Air
Planet Mars Diduga Memiliki Cadangan Air

Menurut data terbaru yang didapat dari robot luar angkasa NASA ‘Curiosity Rover’, planet Mars mungkin memiliki cadangan air yang reguler di permukaannya.

Temuan yang dilaporkan dalam jurnal ‘Nature Geoscience’ ini, menunjukkan, uap air di atmosfer Mars bisa membentuk salju semalam di tanah, yang berubah cair karena kandungan garam di tanah Mars.

"Kami telah menemukan zat kalsium perklorat di tanah dan di bawah kondisi yang tepat, menyerap uap air dari atmosfer," jelas penulis utama jurnal, Profesor Morten Bo Madsen dari Institut Niels Bohr di Universitas Kopenhagen.

Ia menyambung, "Pengamatan kami dari stasiun pemantau cuaca robot Curiosity rover menunjukkan, kondisi ini terjadi di malam hari dan hanya setelah matahari terbit di musim dingin Mars."

Planet Mars Diduga Memiliki Cadangan Air
Foto: NASA/JPL-Caltech

Pengumpulan data dilakukan oleh robot Curiosity dari kawah Gale, yang terletak tepat di sebelah selatan khatulistiwa Mars.

Pengukuran suhu dan kelembaban yang dilakukan oleh robot Curiosity menunjukkan, air bisa diserap oleh garam, membentuk air garam, yang menurunkan titik beku air yang memungkinkan untuk membentuk cairan.

"Jumlah air yang kita bicarakan benar-benar mikroskopis," kata salah seorang penulis jurnal lainnya, Dr Michael Mischna dari Laboratorium Pendorong Jet NASA di Pasadena, California.

Menurut data terbaru yang didapat dari robot luar angkasa NASA ‘Curiosity Rover’, planet Mars mungkin memiliki cadangan air yang reguler

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News