PM Toh Mengajarkan Teknik Mendongeng di TBM Bukit Bukit Duri Bercerita

PM Toh Mengajarkan Teknik Mendongeng di TBM Bukit Bukit Duri Bercerita
Pendongeng yang kerap menggunakan alat peraga dari berbagai barang yang ada di sekitar rumah, PM.Toh memperlihatkan kepiawaiannya dalam berkisah di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita, Minggu pagi-siang (13/10/2024). Foto: Dok. TBM Bukit Duri Bercerita

jpnn.com, JAKARTA - Pendongeng yang kerap menggunakan alat peraga dari berbagai barang yang ada di sekitar rumah, PM.Toh memperlihatkan kepiawaiannya dalam berkisah di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita, Minggu pagi-siang (13/10/2024).

PM Toh yang bernama asli Agus Nuramal dengan gaya khasnya bercerita, bukan saja menghibur, tetapi memberi inspirasi mudahnya mendongeng dengan bantuan benda-benda yang ada di sekitar rumah.

Dalam acara bertajuk “Loka Karya Mendongeng” itu sekitar 50 ibu-ibu yang tinggal di kawasan Bukit Duri Tanjakan, Tebet, Jakarta Selatan, beberapa pegiat literasi, sukarelawan, dan dosen dari Akademi Televisi Indonesia –Institut Media Digital Emtek (ATVI-INDE), hadir dan bahkan ikut berinteraksi dalam dongeng bertema ‘ibu yang bekerja di dalam rumah’ yang dibawakan PM Toh.

Kisah yang diangkat PM Toh mengenai seorang ibu yang bekerja di dalam rumah. Rumahnya di dalam selembar daun.

Dimulai dari matahari pagi yang bersinar disambit oleh ibu dengan membuka jendela daun. Tujuannya agar sinar surya dapat memasuki sel daun yang akan digunakan sebagai energi  untuk memanaskan air buat sekeluarga sehingga dapat menikmati sarapan pagi dengan hati gembira.

Rumah yang digambarkan PM Toh dalam mendongeng sengaja dibuat dan dirakit sendiri dan dibawa ke TBM Bukit Duri Bercerita.

Rumah dalam selembar daun itu diletakkan di sebuah meja dan PM Toh duduk di belakangnya sambil bercerita dan memperlihatkan sejumlah peralatan di jendela rumah, mirip seorang  dalang yang memainkan anak wayang.

PM Toh menegaskan cerita rumah di dalam daun. Intinya adalah proses foto sintesis dalam selembar daun yang didongengkan dengan imajinatif menggunakan alat-alat rumah dan mainan anak.

PM.Toh memperlihatkan kepiawaiannya dalam mendongeng di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita, Minggu pagi-siang (13/10/2024).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News