Pola Pemberian Subsidi Masih Rawan Penyelewengan

Pola Pemberian Subsidi Masih Rawan Penyelewengan
Pola Pemberian Subsidi Masih Rawan Penyelewengan
JAKARTA - Rencana mengubah pola subsidi dengan program khusus, disambut baik anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Sadar Subagio. Kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (2/9), Sadar mengatakan bahwa selama ini penyaluran subsidi banyak yang tidak tepat sasaran.

"Menurut saya subsidi yang ada sekarang ini memang keliru. Karena subsidi dilekatkan pada barang. Menurut saya ini konsep yang salah, karena mestinya subsidi diberikan kepada sektor," kata Sadar.

Anggota komisi XI DPR RI ini menjelaskan bahwa subsidi yang dilekatkan pada barang, menjadikan subsidi yang seharusnya dinikmati oleh kalangan tidak mampu justru bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. "Misalnya subsidi BBM yang dilekatkan pada premium, maka siapapun yang beli premium artinya dapat subsidi. Karena subsidi melekatnya pada barang, maka tidak ada pembatasan dan siapa saja boleh beli barang itu," katanya.

Padahal, kata Sadar, tujuan subsidi adalah untuk memberikan pemerataan bagi golongan yang tidak mampu. Karena kepada mereka inilah, pemerintah berkewajiban memberikan subsidi.

JAKARTA - Rencana mengubah pola subsidi dengan program khusus, disambut baik anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Sadar Subagio. Kepada wartawan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News