Polda Metro Jaya Punya Tim Khusus Pemulasaraan Jenazah Pasien COVID-19

Polda Metro Jaya Punya Tim Khusus Pemulasaraan Jenazah Pasien COVID-19
Tim Khusus Pemulasaraan Jenazah Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Metro Jaya bantu proses pemulasaraan dan pemakaman jenazah yang meninggal dunia karena terpapar virus COVID-19 di Jakarta. Foto: ANTARA/Polda Metro Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Tim Khusus Pemulasaraan Jenazah Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Metro Jaya membantu proses pemulasaraan dan pemakaman jenazah pasien yang terinfeksi virus corona di Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan tim khusus tersebut diinstruksikan dan mendapat pelatihan untuk mengurus jenazah dari rumah duka, menyalatkan jenazah hingga selesai pemakamkan.

"Tim menyolatkan hingga menguburkan jenazah yang terpapar COVID-19 atas nama almarhumah SB (56) pada Sabtu sore," kata Yusri dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (26/4).

Dalam menjalankan tugasnya, Tim Khusus Polda Metro Jaya juga dibantu oleh tim dari Dinas Kesehatan dan Dewan Masjid Indonesia dengan dipimpin langsung oleh Direktur Samapta Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi M. Ngajib.

Petugas kemudian membawa jenazah dari rumah duka di bilangan Jakarta Pusat untuk dimakamkan TPU di Tegal Alur, Jakarta Barat dengan protokol pemakaman COVID-19.

Sesuai dengan prosedur pengamanan yang disiapkan Ditsamapta Polda Metro Jaya, ada 40 personel polisi yang mengawal prosesi pemakaman dengan empat personel dilengkapi dengan APD untuk membantu menguburkan jenazah.

Sedangkan personel lainnya diinstruksikan untuk memberikan pengertian kepada pihak keluarga untuk tidak mendekati makam demi mencegah potensi terjangkiti COVID-19.

“Alhamdulillah kegiatan pemakaman kepada korban yang terkena dampak virus COVID-19 berjalan lancar dan aman. Pemakaman dilaksanakan di Tegal Alur Jakarta Barat,” tuturnya.

Tim Khusus Polda Metro Jaya ini juga menyerahkan santunan dari Kapolda kepada keluarga pasien corona yang ditinggalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News