Polda Periksa Kapolres Sumedang

Buntut Penangkapan Semua Kru Koran Sumeks

Polda Periksa Kapolres Sumedang
Polda Periksa Kapolres Sumedang
BANDUNG - Kasus penangkapan dan pemeriksaan terhadap seluruh kru koran Sumedang Ekspres (Jawa Pos Group) menuai simpati dari sesama insan pers. Mereka yang menamakan diri Solidaritas Wartawan Jabar kemarin (18/4) mendatangi Mapolda Jabar untuk menuntut tindakan tegas terhadap Kapolres Sumedang AKBP Eka Bhakti Satria.

Koordinator aksi, Makali Kumar, menyatakan, pihaknya menyesalkan terjadinya insiden tersebut. "Tindakan itu tidak sesuai dengan semangat kebebasan pers yang tertuang dalam Undang-Undang No 40 Tahun 1999," ujarnya.

Seharusnya, kata dia, polisi bisa menggunakan UU Pers untuk menyelesaikan kasus yang terkait dengan karya jurnalistik tersebut. "Apalagi, MoU antara Polri dan Dewan Pers sudah dibuat. Kami mendesak agar kepolisian meminta maaf secara terbuka," tegas Makali.

Rombongan wartawan diterima Kabidhumas Polda Jabar Kombespol Martinus Sitompul. Meski pertemuan tersebut berlangsung singkat, Martinus menegaskan bahwa pihaknya segera melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap Kapolres Sumedang. "Secara internal, akan ada pemeriksaan terhadap Kapolres (Sumedang). Tapi, kami tetap menjunjung asas praduga tak bersalah dulu," katanya.

BANDUNG - Kasus penangkapan dan pemeriksaan terhadap seluruh kru koran Sumedang Ekspres (Jawa Pos Group) menuai simpati dari sesama insan pers. Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News