Polri Selidiki Kemungkinan Motif Persaingan Bisnis Pengawalan

Polri Selidiki Kemungkinan Motif Persaingan Bisnis Pengawalan
Polri Selidiki Kemungkinan Motif Persaingan Bisnis Pengawalan

jpnn.com - JAKARTA - Polri mendalami beragam kemungkinan yang menjadi motif penembakan Aipda Anumerta Sukardi. Termasuk kemungkinan berlatar belakang persaingan bisnis jasa pengawalan.

"Motif bisa apa saja. Motif itu bisa membantu penyidik mengumpulkan bukti-bukti. Bisa saja pembunuhan berencana dilatarbelakangi masalah pribadi, persaingan bisnis. Itu sedang diselidiki," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pl Ronny F Sompie di Mabes Polri, Kamis (12/9) sore.

Ditegaskan Ronny, pengungkapan kasus ini membutuhkan waktu yang cukup, karena penyelidikan harus mempelajari data-data yang ada. Karena itu dia meminta masyarakat bersabar.

Dalam kasus ini, penyidik sudah mengetahui kemungkinan pasal-pasal yang akan dikenakan bila pelakunya tertangkap.

Di antaranya Pasal 340 tentang pembunuhan berencana subsider Pasal 338 tentang pembunuhan atau Pasal 365 ayat 4 tentang pencurian yang didahului dengan kekerasan yang menyebabkan meninggalnya korban.

Mabes Polri mengklaim pasal-pasal ini diperoleh dari fakta lapangan yang berhasil dihimpun. Baik dari olah tempat kejadian perkara, keterangan saksi-saksi maupun hasil otopsi terjadap jasad korban.

Ditambahkan Ronny, pengenaan pasal pembunuhan dalam kasus itu bukan pilihan final. Karena bila pelakunya berhasil ditangkap, kemudian ada pengakuan atau bukti lain yang mengarah kepada aksi terorisme, Polri juga akan menjeratnya dengan Undang-undang terorisme.

"Kita tidak bisa mengabaikan motif terorisme, bisa saja ada variasi motif," pungkasnya.(Fat/jpnn)

JAKARTA - Polri mendalami beragam kemungkinan yang menjadi motif penembakan Aipda Anumerta Sukardi. Termasuk kemungkinan berlatar belakang persaingan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News