Popularitas Jokowi Kerek Suara Rieke-Teten

Popularitas Jokowi Kerek Suara Rieke-Teten
Popularitas Jokowi Kerek Suara Rieke-Teten
JAKARTA - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, munculnya pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki di urutan kedua hasil Pemilukada Jawa Barat nyaris di luar perkiraan. Sebab, selama ini pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu diprediksikan berada di peringkat ketiga atau keempat.

Burhanuddin pun menilai munculnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai juru kampanye pasangan Rieke-Teten telah ikut mendongkrak perolehan suara pasangan yang dikenal dengan sebutan Paten itu.

"Ada faktor Jokowi yang penting sekali. Jokowi melakukan kampanye dan diliput besar-besaran oleh media, dan itu menimbulkan konsolidasi kekuatan terutama kelas menengah ke bawah. Jadi naiknya suara Rieke menggerogoti suara partai pendukung Dede. Jadi Rieke naik tajam dan itu diperoleh dari kerja Jokowi yang mendampingi Rieke dalam kampanye terakhir," ujar Burhanuddin saat dihubungi, Minggu (24/2).

Menurutnya, jika Pilkada Jabar bisa berlangsung dua putaran maka bisa saja Rieke muncul sebagai pemenang dengan mengungguli perolehan suara Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Apalagi, nama Rieke yang dikenal bersih dari kasus korupsi, berpasangan dengan Teten yang juga dikenal sebagai figur aktivis antikorupsi.

JAKARTA - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, munculnya pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki di urutan kedua hasil Pemilukada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News