PPATK: Jelang Pemilu, Pergerakan Transaksi Tunai Luar Biasa

PPATK: Jelang Pemilu, Pergerakan Transaksi Tunai Luar Biasa
PPATK: Jelang Pemilu, Pergerakan Transaksi Tunai Luar Biasa

jpnn.com - JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan ada peningkatan pergerakan transaksi tunai menjelang pemilihan umum (pemilu). Hal itu tampak dalam Pemilu 2004 dan 2009.

"Kalau bicara tahun 2003 ke 2004 ada pemilu kan, itu terjadi anomali luar biasa ada pergerakan transaksi tunai  145 persen. Tidak pernah dalam laporan sejarah setinggi itu. Kemudian 2008 ke 2009 ada pergerakan 125 persen transaksi tunai," kata Direktur Pemeriksaan dan Riset PPATK Ivan Yustiavandana dalam konferensi pers di KPK, Jakarta, Kamis (27/3).

Ivan menjelaskan, jumlah angka transaksi tersebut mulai dari ratusan juta. "Kalau terkait jumlah dari terkecil mungkin ratusan juta sampai unlimited," ujarnya.

Menurut Ivan, untuk menentukan suatu transaksi mencurigakan atau tidak disesuaikan dengan profiling pelaku transaksi itu. "Prinsipnya apakah transaksi sesuai profiling yang bersangkutan," ucapnya.

Ivan mengungkapkan, bisa saja terjadi transaksi ratusan miliar karena dia seorang pengusaha. Sehingga dianggap tidak mencurigakan. "Bisa saja yang bersangkutan katakanlah PNS ratusan juta. Itu bisa masuk ke PPATK," katanya.

Begitu disinggung apakah pada 2014 ini juga terjadi peningkatan transaksi, Ivan tidak memberi jawaban pasti. Ia hanya menyatakan ada korelasi antara aktivitas politik dengan transaksi.

"Ada korelasi antara aktivitas politik dengan aktivitas transaksi. 2004 ada aktivitas politik, 2009 juga ada. Itu terjadi peningkatan," tandas Ivan. (gil/jpnn)


JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan ada peningkatan pergerakan transaksi tunai menjelang pemilihan umum


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News