Prabowo Bukan Penjahat HAM

Prabowo Bukan Penjahat HAM
Prabowo Bukan Penjahat HAM

jpnn.com - Pertanyaan miring masa lalu calon presiden Prabowo Subianto di militer dinilai sebagai bentuk kampanye negatif.

Ketua ProHAM Todo Tua Pasaribu mengatakan, Prabowo merupakan seorang Perwira TNI yang penuh dengan prestasi sepanjang masa kariernya. Mulai dari bertugas di Timor Timur, Prabowo pada saat menghantarkan tim Kopassus menaklukkan Mount Everest, bagaimana Prabowo memegang batalion 328 dimana batalion yang sangat lemah menjadi batalion terkuat saat itu, bagaimana Prabowo memegang komandan diklat di Koppasus dimana semua materi pembekalan pasukan khusus yang dibuat Prabowo menjadi bahan acuan seluruh pasukan elit di dunia, dan masih banyak prestasi lainnya.

"Prabowo adalah komandan yang keras dan tegas terhadap pasukannya, tetapi disatu sisi dia juga adalah komandan yang selalu dicintai oleh pasukannya sampai saat ini. Dia mampu rela mengorbankan segala yang dimilikinya asalakan pasukannya bisa tetap survive dan sejahtera," kata Todo di Jakarta, Minggu (25/5).

Menurut Todo, sebagai perwira yang cemerlang dan penuh prestasi tentunya selalu menjadi pro dan kontra di kalangannya dan para seniornya. "Prabowo adalah korban rivalitas yang terstruktur di tubuh militer tempat dia bertugas. Sampai pada akhirnya Dewan Kehormatan Perwira (DKP) memutuskan untuk memberhentikan beliau sebagai militer," ujarnya.

Bahkan, kata Todo, keputusan DKP diterima Prabowo sebagai kepatuhan dan loyalitas sebagai prajurit TNI yang sejati. "Dia dituduhkan berbuat kesalahan atas tindakan penculikan yang dilakukan saat itu. Padahal kalau kita simak dengan baik, konteks Prabowo saat itu adalah TNI aktif dan dwi fungsi ABRI masih berlaku saat itu," terangnya.

Jelas Todo, walaupun Prabowo sendiri sampai saat ini tidak pernah menerima dokumen hasil penyelidikan DKP yang menyatakan dia bersalah. Sepatutnya dokumen tersebut bisa dibuka secara terang benderang agar semua bisa jelas dimana letak kesalahan yang dialamatkan kepada Prabowo. Dan perlu diketahui bahwa Prabowo bukan dipecat tetapi diberhentikan dengan Hormat. Artinya ada konteks yang berbeda dalam hal ini. Sampai saat ini pun setiap acara yang dilakukan di Koppasus beliau selalu diundang dan diberikan tempat terbaik dikalangan Koppasus.

"Ini menjadi suatu bukti bahwa Prabowo bukanlah perwira yang dibuang oleh institusinya," terangnya.

Dalam konteks penculikan yang dituduhkan kepadanya jelas itu bukan penculikan, itu adalah perintah penangkapan dan pengamanan terhadap 9 orang aktivis yang dianggap membahayakan, dan itu ada surat perintah jelas ditandatangani Kasad saat itu. Perlu dipahami juga pada saat itu sebelum terjadi proses penangkapan terhadap 9 aktivis tersebut, ada proses teror ancaman kepada negara dimana terjadi kegiatan pengeboman di beberapa tempat. Jadi jelas perintah penahanan itu dilakukan terhadap orang yang mengancam disintegrasi negara.

Pertanyaan miring masa lalu calon presiden Prabowo Subianto di militer dinilai sebagai bentuk kampanye negatif. Ketua ProHAM Todo Tua Pasaribu mengatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News