Prabowo Janji Mewujudkan Swasembada Pangan di Indonesia, Paling Lambat Empat Tahun

Prabowo Janji Mewujudkan Swasembada Pangan di Indonesia, Paling Lambat Empat Tahun
Presiden Prabowo Subianto saat menyampaikan pidato kenegaraan pertama di Gedung MPR/DPR RI di Senayan Jakarta, Minggu (20/10/2024). Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Presiden RI Prabowo Subianto mengaku bakal mewujudkan swasembada pangan di Indonesia, bahkan ingin membuat negara bisa menjadi lumbung makanan dunia.

Prabowo berbicara demikian saat berpidato dalam Sidang Paripurna pelantikan Presiden dan Wapres RI oleh MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

"Saudara-saudara sekalian, saya telah mencanangkan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya," kata Ketum Gerindra itu, Minggu.

Prabowo mengatakan Indonesia tidak boleh bergabung sumber pangan dari negara asing karena mereka tak akan mengimpor bahan makanan dalam situasi genting.

"Oleh karena itu, tidak ada jalan lain, dalam waktu yg sesingkat-singkatnya, kita harus mencapai ketahanan pangan," ujar Menhan RI itu.

Pernyataan Prabowo demikian membuat seluruh anggota MPR yang hadir dalam Sidang Paripurna berdiri dan memberikan tepuk tangan meriah.

Selanjutnya, Prabowo melanjutkan pidato dengan menyinggung target swasembada pangan Indonesia perlu dicapai dalam empat sampai lima tahun.

Termasuk, kata dia, Indonesia perlu mencapai target menjadi negara pangan dunia dalam kurun waktu yang sama.

Presiden RI Prabowo Subianto mengaku ingin menciptakan swasembada pangan dan membuat Indonesia bisa menjadi lumbung makanan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News