Prabowo Lebih Dipercaya Masyarakat Soal Penegakan Hukum

Prabowo Lebih Dipercaya Masyarakat Soal Penegakan Hukum
Prabowo Lebih Dipercaya Masyarakat Soal Penegakan Hukum

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat lebih percaya pada Prabowo Subianto dalam melakukan penegakan hukum dibanding Joko Widodo. Kesimpulan tersebut menjadi temuan Indonesia Research Centre atas kepercayaan terhadap dua kandidat yang bertarung di Pilpres 9 Juli 2014.

"Berdasarkan temuan survei kita yang terakhir, sebanyak 65.3 persen masyarakat lebih percaya pada Prabowo untuk menegakkan hukum di Indonesia ketimbang Jokowi  yang sebesar 29.2 persen,” kata Yunita Mandolang, Kepala Riset Indonesia Research Centre, dalam rilisnya kepada wartawan, Sabtu (7/4).

Survei tersebut juga mendapati bahwa responden lebih meyakini Prabowo dapat menjaga kemanan dan mengatasi persoalan kriminalitas. Untuk kedua persoalan tersebut, sebesar 77,5% masyarakat percaya Prabowo dapat mengattasinya. Di sisi lain, hanya sekitar 9,9% masyrakat yang yakin Jokowi dapat mengatasi persoalan keamanan dan kriminalitas.  

Menurut Yunita, sosok Prabowo yang tegas menjadikannya bisa dipercaya oleh masyarakat untuk dapat menegakkan hukum dan menciptakan keamanan di negeri ini.

Selain unggul dalam dua persoalan tersebut, masyarakat juga yakin seratus persen bahwa Prabowo memiliki kemampuan dalam bidang kebijakan luar negeri. Hal itu dilihat masyarakat dari pernyataan Prabowo dalam debat Capres yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

"Sebanyak 100 persen masyarakat percaya pada Prabowo untuk mengatasi persoalan luar negeri," kata Yunita.

Meski demikian, pasangan Jokowi-JK terlihat unggul dalam beberapa isu lain. menurutnya, dalam masalah nilai-nilai moral, kesehatan, dan pendidikan, Jokowi-JK dianggap lebih mampu mengurus bidang tersebut.
 
Sebelumnya diberitakan, Survey IRC menunjukan Prabowo-Hatta unggul tipis dengan elektabilitas sebesar 47,5 persen. Sedang Jokowi sebesar 43 persen.

Survei tersebut dilakukan pada periode 14 Juni-20 Juni. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak bertingkat (multistage random sampling). Jumlah sampel valid 1200. Diperkirakan ambang kesalahan dari survey ini mencapai kurang lebih 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%. (awa/jpnn)


JAKARTA - Masyarakat lebih percaya pada Prabowo Subianto dalam melakukan penegakan hukum dibanding Joko Widodo. Kesimpulan tersebut menjadi temuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News