Prabowo Pasang Target Perekonomian Tumbuh 8 Persen, Bisa?

Prabowo Pasang Target Perekonomian Tumbuh 8 Persen, Bisa?
Presiden terpilih Prabowo Subianto menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan mencapai delapan persen. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan mencapai delapan persen.

Ekonom senior Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Hendri Saparini mengatakan target tersebut bisa tercapai bila menggunakan pendekatan komprehensif.

Menurut Hendri, ada tiga pendekatan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkualitas sehingga Indonesia keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap).

Pertama, mengimplementasikan pendekatan ekonomi Pancasila yang bersifat ekonomi kerakyatan.

Dia menyinggung pesan dari pendiri Republik Indonesia bahwa perekonomian perlu dilakukan secara bersama-sama.

Artinya, perlu adanya demokrasi ekonomi, yaitu pemerintah melibatkan dan memberikan akses kepada semua pihak dalam aktivitas ekonomi dan memajukan industri.

Dengan demikian, tidak ada lagi orang menganggur dan kesulitan mendapatkan pendapatan karena tidak punya kesempatan kerja.

“Sebenarnya semua orang itu bisa bekerja. Hanya, pemerintah perlu membuat kebijakan ekonomi agar setiap orang bisa melakukan sesuatu yang produktif,” ujar dia.

Presiden terpilih Prabowo Subianto menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan mencapai delapan persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News