Prancis 'Host' Euro 2016

Prancis 'Host' Euro 2016
TERPILIH - Zinedine Zidane (kiri) dan Presiden Nicolas Sarkozy (kanan) sebagai bagian dari tim pemenangan Prancis menjadi host Euro 2016. Foto: AFP/Getty Images.
JENEWA - Prancis akhirnya ditunjuk sebagai host Euro 2016. Negara yang dipimpin Presiden Nicolas Sarkozy tersebut mengungguli dua calon lainnya, yakni Turki dan Italia. Prancis unggul 7-6 atas Turki, pada pemilihan putaran kedua, Jumat (28/5) kemarin. Sedangkan Italia, sudah tersingkir sejak pemilihan tahap pertama.

Nah, dengan terpilihnya Prancis, berarti negeri anggur tersebut menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah Euro atau Piala Eropa sebanyak tiga kali. Sebelumnya, mereka juga sudah menjadi tuan rumah pada 1960 dan 1984.

Pada pemilihan kemarin, Presiden UEFA asal Prancis, Michel Platini, memutuskan untuk tidak ikut memilih. Meski begitu, sinyal kemenangan Prancis sudah terlihat sejak awal. Itu terjadi karena kuatnya dukungan pemerintah. Buktinya, Sarkozy datang langsung untuk presentasi.

Pemerintah Prancis bahkan menjamin penyediaan dana sebesar USD 2,1 miliar atau setara Rp 19,4 triliun, untuk membangun serta merenovasi stadion. "Pemerintah Prancis memberikan dukungan dan garansi sepenuhnya," papar Sarkozy, seperti dikutip Reuters.

JENEWA - Prancis akhirnya ditunjuk sebagai host Euro 2016. Negara yang dipimpin Presiden Nicolas Sarkozy tersebut mengungguli dua calon lainnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News