Presiden dengan Biaya Kampanye 10 Kali Lipat

Presiden dengan Biaya Kampanye 10 Kali Lipat
Foto: AP
OHIO - Semua tempat pemungutan suara di Ohio ditutup tepat pada Selasa malam (6/11) pukul 19.30 waktu setempat (Rabu pagi ini pukul 7.30 WIB). Itu berarti, kalau sejarah bisa dijadikan patokan, paling lambat setengah jam kemudian -sebagaimana dijanjikan panitia pemilihan setempat- sudah bisa diketahui siapa pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2012.

 

Sebab, seperti ditulis Washington Post, pada pukul 20.00 waktu Ohio (pukul 08.00 WIB) itu sudah diketahui hasil akhir penghitungan balot di negara bagian yang menyediakan 18 electoral votes tersebut. Dan, sejarah mencatat, sejak Pilpres 1964, semua kandidat presiden yang menang di Ohio bakal melenggang ke Gedung Putih. Khusus Partai Republik, tak ada calon presiden dari partai tersebut yang memenangi pilpres tanpa memenangi Ohio.

Tapi, sembari menunggu Ohio, ketatnya persaingan antara Barack Obama dan Mitt Romney dalam Pilpres 2012 ini sudah terwakili oleh Dixville Notch, sebuah kota kecil di Negara Bagian New Hampshire.

Dari semua wilayah di AS yang terlibat dalam early voting (pemungutan suara yang dilakukan mendahului jadwal resmi pilpres pada 6 November kemarin, Red), Dixville Notch dan Hart's Location adalah dua kota yang mendapat keistimewaan memilih pertama. Dan, kemarin dua kota itu sudah mengumumkan hasil penghitungan suara warganya yang punya hak suara dan memanfaatkan hak tersebut.

OHIO - Semua tempat pemungutan suara di Ohio ditutup tepat pada Selasa malam (6/11) pukul 19.30 waktu setempat (Rabu pagi ini pukul 7.30 WIB). Itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News