Presiden SBY Buka Sidang APA

Presiden SBY Buka Sidang APA
Presiden SBY Buka Sidang APA
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan sejumlah isu yang harus dibahas dan dipecahkan bersama dalam Sidang Parlemen se Asia IV atau Asian Parliamentary Assembly (APA) yang digelar di Gedung Merdeka Bandung, Selasa (8/11).  Sidang APA kali diikuti oleh 39 negera dengan 192 peserta. Isu-isu terkait dengan Lingkungan, seperti perubahan iklim, masalah ekonomi dan kerja sama internasional maupun regional ditekankan oleh Presiden untuk menjadi pembahasan bersama peserta APA.

Tema yang diambil dalam APA tahun ini adalah "Demokrasi untuk memperkuat kesejahteraan, perdamaian dan keadilan.APA berlangsung pada 8-10 Desember 2009 di Gedung Merdeka, Bandung. Sidang telah dibuka pukul 10.00 WIB hari ini. Pertemuan negara-negara Asia ini akan membahas sejumlah isu seperti terorisme, perubahan iklim dan krisis ekonomi global.

Dalam acara tersebut, hadir pula  wakil presiden Boediono, ketua DPR RI selaku Presiden APA 2009 Marzuki Alie.Bandung dipilih menjadi tuan rumah karena mempunyai latar belakang historis selaku penyelengara Konferensi Asia Afrika kali pertama. Sidang APA akan diikuti oleh 174 peserta dari 26 negara anggota, termasuk Indonesia. Dan tiga organisasi parlemen.Indonesia menyiapkan Deklarasi Bandung, yang fokus terhadap pendekatan pembangunan ekonomi dan sosial yang mempertimbangkan aspek pelestarian lingkungan.

APA merupakan wadah kerjasama antar parlemen di kawasan Asia. Keanggotaannya meliputi 39 parlemen anggota, 18 peninjaui dan tiga organisasi parlemen peninjau.Selain membuka APA, Presiden juga akan menghadiri Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2009 di Desa Ciherang, Padalarang Bandung. Yang juga dihadiri Menteri perhutanan Zulkifli Hasan dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.(gus/aj/jpnn)

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan sejumlah isu yang harus dibahas dan dipecahkan bersama dalam Sidang Parlemen se Asia IV


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News