Presiden Tunjuk Mbah Rono Jadi Kepala Badan Geologi

Presiden Tunjuk Mbah Rono Jadi Kepala Badan Geologi
Presiden Tunjuk Mbah Rono Jadi Kepala Badan Geologi

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk Dr. Surono sebagai Kapala Badan Geologi ESDM. Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMG) ESDM ini akan menggantikan Sukhyar.

Penunjukan Dr. Surono ini disampaikan Presiden SBY saat memimpin Rapat Terbatas Kabinet yang membahas letusan Gunung Kelud di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (14/2)

“Sekretaris Kabinet sudah mengajukan draft Keputusan Presiden (Keppres) untuk pengangkatan Dr. Ir. Surono menjadi Kepala Badan Geologi ESDM, sudah saya tanda tangani dan dengan tugas baru, Pak Rono jalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Presiden SBY dalam rapat terbatas kabinet yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono itu.

Presiden menilai, Dr. Surono adalah tokoh yang memiliki pengetahuan sangat luas tentang kegunung apian di Indonesia, juga pakar vulkanologi pada tingkat internasional. Selama ini Surono sudah sangat tekun menangani semua masalah keerupsian termasuk erupsi gunung-gunung berapi.

“Dengan tugas baru ini langsung bekerja, langsung berangkat ke lapangan menjalankan tugas dengan baik, bersama tentu Kepala Pusat Vulkanologi yang ada sekarang Saudara Indrasto, saya kira sudah ada di lapangan yang bersangkutan,” kata Presiden yang juga dihadiri oleh Dr. Surono itu.

Badan Geologi Kementerian ESDM yang dipimpin Surono ini membawai 5  unit kerja, yaitu: Sekretariat Badan Geologi, Pusat Sumber Daya Geologi, Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana, Pusat Lingkungan Geologi, dan Pusat Survei Geologi.

Dr. Ir. Surono adalah putra kelahiran Cilacap, 8 Juli 1955. Pendidikannya adalah gabungan antara Jurusan Fisika ITB dan S2 (Prancis) plus S3 juga di Prancis di Universitas Savoei, Jurusan Geo-Fisika.

Disertasinya mengenai Gunung Api Kelud di bawah judul: Etude de phenomenes physiques observes lors d'une intrusion magmatique: Cas du volcan Kelud et de la Caldaeira de Long Valley.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk Dr. Surono sebagai Kapala Badan Geologi ESDM. Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News