President University Langganan IISMA, Mahasiswa Diterima Bekerja sebelum Lulus

President University Langganan IISMA, Mahasiswa Diterima Bekerja sebelum Lulus
Kaprodi Aktuari President University, Dr. Dadang Amir Hamzah, S.Si., M.Si. Foto dok. President University

jpnn.com, JAKARTA - Kaprodi Aktuari President University Dr. Dadang Amir Hamzah, S.Si., M.Si., menyampaikan 79 persen mahasiswa tingkat akhir telah diterima bekerja sebelum mereka lulus kuliah. Ini lantaran tingginya permintaan tenaga profesional di bidang aktuaris.

Dia menyebutkan data dari Persatuan Aktuaris Indonesia, kurang dari seribu orang aktuaris di Indonesia. Sehingga permintaannya sangat tinggi namun suplainya rendah. 

"Kami baru saja melakukan re-akreditasi. Nah, salah satu laporannya adalah kami mempunyai tingkat penyerapan lulusan yang bekerja itu cukup tinggi, bahkan 79 dari 100 mahasiswa kami sebelum lulus sudah diterima bekerja," jelas Dadang dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (3/10. 

Menurutnya, tingginya penyerapan mahasiswa aktuaris lantaran di Indonesia sendiri belum banyak universitas yang membuka prodi aktuari, terutama kampus swasta.

Selain itu, peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengisyaratkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang industri keuangan dan yang berkaitan dengan industri keuangan wajib mempunyai minimal satu aktuaris turut meningkatkan permintaan.

"Laporan kami menyebut bahwa lulusan prodi aktuari hanya membutuhkan waktu tunggu kurang dari 3 bulan untuk bekerja di perusahaan yang diinginkan. Nah ditambah lagi ada peraturan OJK ini, jadi makin tinggi permintaan, " terangnya. 

Dia mengungkapkan sebelum lulus, anak-anak sudah banyak direkrut oleh perusahaan-perusahaan bidang finansial seperti Stephen Morris konsultan aktuaris, Candi Insurance, Rama Insurance, Astra Insurance dan banyak lainnya. 

Menurutnya, tingginya penyerapan lulusan dari prodi aktuari President University tak lepas dari metode ajar yang diterapkan mulai dari pemanfaatan ilmu data sains untuk memecahkan masalah-masalah finansial dan asuransi.

President University menjadi langganan IISMA, Kaprodi Aktuari Dr. Dadang Amir Hamzah mengungkapkan mayoritas mahasiswa diterima bekerja sebelum lulus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News