Profesor Kacung Sebut Gus Imin Cawapres Paling Kuat Buat Prabowo

Profesor Kacung Sebut Gus Imin Cawapres Paling Kuat Buat Prabowo
Suasana saat peresmian Sekretariat Bersama Gerindra-PKB beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin merupakan figur yang mampu memperkuat bakal calon presiden Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Itu kata pengamat politik dan akademisi dari Universitas Airlangga Profesor Kacung Marijan.

Prof Kacung mengaku telah mencermati sejumlah hasil survei bursa capres yang mengerucut menjadi tiga nama, yakni Anies Baswedan, Prabowo, dan Ganjar Pranowo.

“Sebetulnya yang paling menentukan adalah capres. Prabowo, Ganjar, dan Anies, tiga figur ini menjadi rujukan yang utama," ujar Prof Kacung, Minggu (25/6).

"Sementara itu, cawapres lebih pada penguat bukan penentu. Artinya, penentu itu tidak punya makna apa-apa kalau capres tidak kuat. Namun, kalau capres sama-sama kuat, sedangkan penentunya ada yang kuat dan ada yang tidak, maka yang menang adalah capres yang kuat dan penentu yang kuat,” imbuhnya.

Prof Kacung mencontohkan, Muhaimin Iskandar penentu yang kuat, andai berpasangan dengan Airlangga Hartarto bakal sulit menang.

"Tidak menang. Beda misalnya Pak Muhaimin dengan Pak Prabowo, ini potensi kuat. Saling memperkuat. Ini artinya, capres kuat, cawapres penentunya juga kuat,” ujarnya.

Menurut Prof Kacung, Gus Imin kuat karena memiliki konstituen seperti warga Nahdlatul Ulama atau nahdliyin dan PKB sendiri.

Prabowo dan Gus Imin kuat. Bagaimana kalau Anies dan Gus Imin? Apakah kuat? Ini kata Prof Kacung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News