Program Baru Tukul 'Bukan Empat Mata'

Program Baru Tukul 'Bukan Empat Mata'
Tukul Arwana, saat diwawancarai di kediamannya. Foto: Raka Deny/Jawa Pos.
JAKARTA – Komedian Tukul Arwana segera kembali. Pria pemilik ”kumis ikan lele” itu akan muncul dengan program baru setelah Empat Mata dinyatakan berhenti. Program penggantinya bernama "Bukan Empat Mata", direncanakan tayang mulai 1 Desember 2008.

Penghibur bernama asli Riyanto itu mengaku sudah menandatangani kontrak setahun dengan Trans 7. Program barunya akan tayang setiap Senin–Jumat, sama persis dengan Empat Mata. ”Bayaran saya dimahalin seperempat dari (jumlah total, Red) sebelumnya. Lumayanlah,” katanya saat ditemui di rumahnya, Cipete, Senin (14/11).

Belajar dari pengalaman, Tukul bertekad untuk lebih hati-hati. Terutama karena berada di bawah pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Sejujurnya, kata Tukul, bekerja seperti itu sangat tidak nyaman.

Tukul merasa kegiatan lawakannya dibatasi. Padahal, dia sudah menyadari adanya batasan tersebut. ”Sebetulnya, lawakan saya begini tidak masalah. Buktinya, sejak awal (tayang), terus pertengahan, dan sebagainya lancar-lancar saja. Saya melawak bebas, tidak beban,” katanya.

Setelah Empat Mata semakin dikenal, mulai bermunculan kritik terhadap gaya lawakan Tukul. ”Itu tadi ada yang tidak suka dengan seperti ini, tidak suka dengan ini, dan sebagainya. Saya itu merasa terbebani. Terbelenggu, lalu kreativitas tersumbat,” paparnya.

Meski begitu, Tukul tetap memberikan jaminan lucu dan kreatif pada program barunya nanti. ”Lawak itu ada rumusnya. Kalau orang tahu rumus lawakan itu, materi nggak akan habis. Apa yang saya lihat, dengar, itu materi,” ujar pemain film Otomatis Romantis tersebut.

Menurut Tukul, bagaimanapun, pekerjaan terus berjalan. Sebab, lanjut dia, kerja adalah sesuatu yang harus disyukuri. ”Kalau cinta pekerjaan, pekerjaan akan mencintai kita,” kata bapak dua anak itu.

Hal itu sekaligus menepis anggapan bahwa Tukul menganggur pasca Empat Mata dihentikan. ”Saya masih sering diundang acara off air ke beberapa kota, acara di stasiun TV lain, dan acara di kantoran juga. Bayaran off air lebih besar daripada Empat Mata,” akunya.

JAKARTA – Komedian Tukul Arwana segera kembali. Pria pemilik ”kumis ikan lele” itu akan muncul dengan program baru setelah Empat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News